Mengubah mouse cordless menjadi wired - LOGOFF COMPUTER

Breaking

Blogroll

Wednesday, 20 December 2017

Mengubah mouse cordless menjadi wired

Dulu tidak terpikirkan sama sekali untuk menggunakan mouse cordless. Selain bukan gamer ataupun penyuka kerapian di meja komputer, mouse cordless masih tergolong cukup mahal pada waktu itu. Semua berubah ketika sang kakak yang memberikan aku sebuah mouse cordless merk Logitech. Pada awalnya menyenangkan menggunakan mouse ini karena tidak diganggu dengan kabel yang malang melintang di atas meja. Setelah beberapa bulan pemakaian, baru terasa penggunaan baterai yang cukup boros.

Seperti yang kita ketahui, mouse cordless memerlukan baterai agar dapat terhubung ke PC. Nah, dari ini muncul ide, bagaimana cara agar bisa tetap menggunakan mouse Logitech, tetapi tidak diganggu dengan masalah baterai yang harus ganti melulu. Ide saat itu yang terlintas adalah, mengubah mouse cordless ini menjadi wired. Wired disini bukan berarti teknologi cordless dari mouse tersebut dihilangkan, tetapi wire di sini hanya digunakan sebagai sumber catu daya / pengganti baterai. Secara prinsip, komunikasi data antara mouse dengan PC masih tetap menggunakan cordless mouse receiver, tetapi untuk catu daya tidak menggunakan baterai lagi tetapi dari receiver mouse. Nah, berikut ini langkah-langkah pembedahan mouse tersebut. Bagi yang berminat, silahkan di coba. Memang pada awalnya ide ini terlihat bodoh, tetapi itulah kenyataan. Teknologi terbaru bukan selamanya bagus ataupun juga jelek. Semua itu tergantung bagaimana kita menerapkan teknologi sesuai dengan keperluan dan kepentingan kita.

Pertama : Buka penututup dari mouse cordless.



Kedua : Buka skrup dengan obeng bintang / plus



Ketiga : Ketika semua skrup lepas, secara otomatis bagian atas akan terangkat. Jika tidak, cari cela agar dapat terangkat.



Keempat : Ketika membuka, hati2 akan kabel catu daya dari mouse. Lepas konektor putih dari PCB.


Kelima : Hubungkan kabel yang akan digunakan sebagai jalur catu daya ke konektor baterai dengan menggunakan solder dan timah. Cara ini tidak harus sama, dapat dimodifikasi sendiri. Alasan dari pemilihan untuk menghubungkan kabel ke bagian konektor baterai karena masalah tata letak kabel. Pada bagian atas PCB cukup banyak ruang untuk tempat kabel. Jika ingin menghubungkan kabel ke PCB secara langsung, hal ini tidak masalah. Akan tetapi gunakan kabel yang cukup tipis, karena kabel harus letakan di bawah PCB yang memiliki ruang yang cukup sempit untuk tempat kabel. Kabel yang digunakan pada modifikasi ini adalah kabel mouse USB yang sudah rusak.

Kabel dapat langsung dihubungkan ke bagian bawah konektor putih (tidak aku lakukan)

Pada cara yang aku lakukan, kabel dihubungkan ke konektor baterai.

Keenam : Jangan lupa untuk memodifikasi sedikit body dari mouse cordless sebagai tempat kabel.



Ketujuh : Setelah pada bagian mouse selesai, maka sekarang saatnya memodifikasi bagian receiver. Lepas skrup dari receiver tersebut.



Kedelapan : Hubungkan kabel yang tadi sudah terhubung ke mouse, ke bagian konektor putih. Perhatikan polaritas dari kabel. Pastikan warna kabel sesuai dengan polatiras. Contoh : Jika pada mouse kabel hijau terhubung ke kutub +, maka pastikan juga di receiver juga terhubung ke + juga. Jangan terbalik!!!!!!!!!!!!.


Nah, jika sudah semua, coba cek kembali dengan multitester. Pastikan kutub positif dan kutub negatif tidak saling terhubung. Kemudian pastikan juga bahwa pada masing-masing ujung kabel sudah terhubung dengan benar.

Segala kerusakan yang mungkin ditimbulkan dari modifikasi ini bukan merupakan tanggung jawab penulis dan tidak disarankan bagi yang tidak mengerti elektronika sama sekali. Jika berminat, dapat mencari bantuan dari teman atau orang lain yang memahami elektronika

No comments:

Post a Comment